Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jurusan Farmasi dan Prospek Kerja

 

Pic by Pixabay

Jika ingin merancang masa depan, seperti ingin kerja di bidang apa atau punya usaha apa, harus dimulai dari bangku sekolah khususnya sekolah lanjutan atas. Karena dengan mengetahui tujuan di masa datang, akan mempengaruhi juga pilihan sekolah lanjutan atas. Misalnya jika ingin menjadi seorang dokter, tentu saat di sekolah lanjutan atas yang dipilih nanti adalah jurusan Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA, sebab untuk masuk fakultas kedokteran syarat utama adalah berasal dari jurusan IPA.

Begitu juga misalnya jika ingin bekerja yang terkait dengan kesehatan dan obat-obatan, sekolah dan jurusan yang dipilih juga harus sesuai. Jika sekolah lanjutan atas bisa masuk SMK Farmasi dan jika kuliah tentu ambil jurusan farmasi serta tentunya harus berasal dari jurusan IPA jika asal sekolah adalah SMA.

Nah jurusan farmasi ini ternyata belum menjadi pilihan favorit bagi banyak orang. Di bidang kesehatan jurusan kedokteran masih menjadi pilihan unggulan. Padahal jurusan farmasi juga punya potensi dan peluang yang bagus dalam mencari kerja dan menciptakan lapangan kerja.

Mengenal Farmasi

Nah bagi kalian para pelajar atau orang tua yang sedang mempersiapkan masa depan anaknya, sebaiknya mencari tahu dan mempelajari dulu tentang berbagai jurusan dan prospeknya di dunia kerja. Nah jika tertarik dengan dunia farmasi, uraian singkat di bawah ini semoga bisa membantu Anda mengenalnya.

Farmasi adalah tentang ilmu kesehatan dan kimia yang fokus pada ilmu pengobatan. Pada perguruan tinggi, jurusan ini akan mendalami aspek-aspek terkait pengobatan, termasuk tentang proses pembuatan dan pengembangan obat dari senyawa kimia agar dapat digunakan dengan tepat dan efektif.

Jika Anda menjadi mahasiswa jurusan farmasi nanti diharapkan bisa mengidentifikasi obat-obatan dan bahan dasar secara visual, seperti bentuk, tekstur dan warna. Kemampuan ini sangat penting mengingat banyaknya material dengan warna yang mirip.

Secara umum lulusan farmasi akan berkontribusi banyak dalam bidang kesehatan. Nantinya dapat bekerja di rumah sakit dan klinik untuk menyiapkan obat, mengelola penyimpanan obat, mengantarkan obat ke pasien. Selain itu lulusan farmasi juga dapat melakukan penelitian untuk menemukan obat baru atau menyempurnakan obat yang sudah ada.

Peluang Kerja

Sedangkan prospek kerja lulusan farmasi juga sangat banyak, antara lain :

1. Bekerja di layanan farmasi klinik, seperti rumah sakit, puskesmas, klinik dan apotek

2. Bekerja di perusahaan produksi produk farmasi, seperti kosmetik, obat tradisional, makanan dan minuman

3. Bekerja atau menjadi distributor perbekalan farmasi, seperti industri farmasi, grosir farmasi, distributor alat kesehatan dan laboratorium

4. Bekerja di bidang pengawasan mutu, pengembangan obat-obatan, kosmetik, makanan dan minuman

5. Pengembangan jamu dan bahan alam lainnya

6. Pengusaha farmasi

 


 

Posting Komentar untuk "Jurusan Farmasi dan Prospek Kerja "